Menyusun SOP yang Aplikatif dan Efektif

Pendahuluan Menyusun SOP yang Aplikatif dan Efektif

SOP adalah critical point dalam menerapkan tata kelola yang efektif, produktif dan berkualitas.  Tantangan bisnis saat ini mensyarakat perusahaan untuk beroperasi seefektif dan seefisien mungkin disisi lain kretifitas dan perbaikan secara terus menerus tetap harus dilakukan. Operasi yang efektif mensyaratkan adanya keteraturan, semua unsur dalam perusahaan bergerak sesuai dengan tugas dan fungsinya, tidak tumpang tindih, peran dan tanggung jawab masing masing jelas dan dipahami bersama.

SOP bagi perusahaan bukan hanya alat untuk mencapai sertifikasi tertentu, SOP semestinya bermanfaat nyata terhadap kinerja perusahaan. Namun kenyataan menunjukkan terdapat banyak kendala dalam penerapan SOP, diantaranya : SOP yang tidak dijalankan dengan disiplin, SOP yang bukannya mempermudah namum memperpanjang birokrasi dan SOP yang tidak diperbaharui sehingga tidak sanggup menjawab perubahan yang ada di perusahaan itu sendiri.

Hal yang sama juga muncul pada saat penyusunan SOP. Permasalahan yang muncul diantaranya, apakah hanya  memformalkan sistem dan prosedur yang belum dituliskan atau harus melakukan perbaikan dan perubahan ? ; Proses bisnis yang belum optimal, belum samanya pemahaman pada level pimpinan, perubahan struktur dan pemangku jabatan. Pada akhirnya menyebabkan penyusunan SOP yang berlarut dan tidak terselesaikan.

Pelatihan ini akan memberikan masukan dan panduan kepada para peserta untuk menyusun SOP yang aplikatif, sehingga dapat diterapkan semua unsur terkait dalam perusahaan dan efektif dalam meningkatkan kinerja perusahaan.

 

Tujuan Pelatihan Menyusun SOP yang Aplikatif dan Efektif

  1. Menjelaskan manfaat penyusunan SOP dalam upaya menjaga konsistensi tata kelola perusahaan yang efektif, produktif dan efisien
  2. Memeberikan pengetahuan memetakan da menganalisa proses bisnis
  3. Memberikan pengetahuan tata cara penyusunan SOP yang aplikatif dan efektif
  4. Mengidentifikasi peluang penyempurnaan dan perbaikan SOP di tempat kerja masing-masing.

 

Pokok Materi

  1. Pengantar : SOP, peran dan kedudukannya dalam tata kelola perusahaan
  2. Proses Bisnis.
  3. Pemetaan Proses bisnis
  4. Analisa Proses Bisnis
  5. Evaluasi Mekanisme Kerja.
  6. Evaluasi Sistem Informasi.
  7. SOP Makro, SOP Mikro dan IK
  8. Tahapan Penyusunan SOP.
  9. Penulisan SOP
  10. Mekanisme Uji penerapan Sop
  11. Mekanisme Sosialisasi SOP
  12. Audit penerapan SOP
  13. Peremajaan SOP
Iklan

About Informasi Jadwal training dan seminar 2016-2017-2018

Pusat Informasi Jadwal training 2016 | Jadwal training 2017 | Jadwal training 2018 | Jadwal training 2019 | Jadwal training 2020

Posted on Agustus 29,, in Iso & Standardization, jadwal training 2017, Training di Bali, Training di Bandung, Training di Jakarta, Training di Lombok, Training di Surabaya, Training di Yogyakarta and tagged , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Komentar ditutup.

%d blogger menyukai ini: