HIRA : HAZARD IDENTIFICATION & RISK ASSESMENT

PENDAHULUAN TRAINING HIRA

Potensi bahaya banyak terdapat di tempat kerja dan mengakibatkan kerugian baik dari perusahaan, karyawan maupun terhadap masyarakat sekitar. Upaya untuk mencegah hal tersebut adalah dengan menerapkan suatu konsep Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3). Keselamatan dan Kesehatan Kerja merupakan sarana utama untuk pencegahan kecelakaan kerja, cacat dan kematian sehingga akibat kecelakaan kerja yang bersumber dari potensi bahaya yang ada dapat dicegah.

Kecelakaan kerja selain menyebabkan kerugian langsung juga menyebabkan kerugian secara tidak langsung yaitu kerugian pada kerusakan mesin dan peralatan kerja, terhentinya proses produksi, kerusakan lingkungan dan lain-lain. Bahaya dan risiko ada dimana-mana di sekeliling kita. Jenis bahaya dan tingkat risiko tergantung dari kondisi lingkungan yang dihadapi termasuk di lingkungan kerja.

Jenis bahaya dan tingkat risiko dari setiap tahapan proses dalam suatu proses industri adalah spesifik. Tidak semua pekerja mampu mengenali bahaya dan risiko dari pekerjaan yang mereka lakukan. Mengetahui jenis bahaya dan tingkat risiko di lingkungan kerja adalah kunci pokok untuk dapat mengendalikan bahaya dan risiko tersebut agar tidak menjadi kecelakaan yang tidak diinginkan. Berbagai teknik telah dikembangkan untuk mengidentifikasi bahaya dan kajian risiko sehingga dapat dikembangkan sistem atau program pengendalian bahaya dan risiko ditempat kerja.

TUJUAN TRAINING HIRA

Pelatihan ini bertujuan untuk memberikan informasi berkaitan dengan aktivitas pekerjaan dalam manajemen risiko sesuai dengan tahapan-tahapannya. Hal ini dilakukan sebagai tindakan antisipasi terhadap bahaya agar tidak terjadi kecelakaan kerja.

MANFAAT TRAINING HIRA

  1. Mempunyai pengetahuan dan kemampuan untuk memahami dan menerapkan konsep manajemen bahaya dan risiko K3.
  2. Mampu melakukan analisis bahaya dan penilaian risiko ditempat kerja.
  3. Mampu mengembangkan sistem pengendalian bahaya dan risiko di perusahaan.

CAKUPAN MATERI TRAINING HIRA

  1. Pemahaman Tentang Bahaya dan Risiko
  2. Teori Kecelakaan Kerja
  3. Teknik dan Tools Identifikasi Bahaya di Tempat Kerja
  4. Teknik dan Tools Penilaian Risiko
  5. Teknik Pengendalian Bahaya & Risiko di Perusahaan (Hierarki Pengendalian Risiko)
  6. Menerapkan Prinsip Ergonomi Untuk Mengendalikan Risiko K3
  7. Prinsip-prinsip Manajemen Risiko
  8. Strategi Penerapan Manajemen Risiko
  9. Pengukuran dan Evaluasi Pengendalian Bahaya dan Risiko
  10. Latihan dan Kerja Kelompok
Iklan

About Informasi Jadwal training dan seminar 2016-2017-2018

Pusat Informasi Jadwal training 2016 | Jadwal training 2017 | Jadwal training 2018 | Jadwal training 2019 | Jadwal training 2020

Posted on Agustus 4,, in General Health And Safety, Health and Safety at Work, Health Safety Environmental, jadwal training 2017, Training di Bali, Training di Bandung, Training di Jakarta, Training di Lombok, Training di Surabaya, Training di Yogyakarta and tagged , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Komentar ditutup.

%d blogger menyukai ini: