ANALISA BEBAN KERJA DAN PERENCANAAN TENAGA KERJA

Kondisi bisnis yang sangat kompetitif saat ini mensyaratkan hanya perusahaan yang unggul yang mampu bertahan dan tumbuh dengan baik. Keunggulan itu bukan hanya dari sisi kualitas namun juga kemampuan untuk beroperasi dengan efisien pada level kualitas tersebut. Pada saat yang sama perusahaan juga dihadapkan pada kenaikan biaya yang tidak bisa dihindarkan, inflasi yang tinggi, kebijakan upah, biaya bahan baku energi juga semakin meningkat.

Demikian pula ketika suatu perusahaan terhimpit kerugian atau berusaha memperkuat kemampuan bersaingnya adalah bagaimana cara mengefisienkan perusahaan. apakah jumlah SDM/karyawan yang ada sekarang ini berlebih, kurang atau sudah optimum dengan kebutuhan perusahaan, dan bagaimana cara mengetahui atau mengukur hal-hal tersebut?

Banyak cara/teknik/metode yang dapat digunakan untuk menjawab serangkaian pertanyaan tersebut, namun metode yang dianggap paling akurat untuk digunakan adalah Analisis Beban Kerja (Workload Analysis).

Metode analisis beban kerja yang akan diberikan menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik penyelidikan waktu (time study). Dengan menganalisis waktu yang seharusnya dikonsumsi pemegang jabatan untuk melaksanakan tugas-tugas jabatannya sesuai dengan yang diharapkan dibandingkan dengan waktu efektif yang tersedia maka akan diperoleh nilai beban kerja (dalam prosentase) suatu jabatan/unit/perusahaan. Berapa kelebihan atau kekurangan jumlah SDM pada suatu jabatan/unit/perusahaan akan diperoleh dengan membandingkan kebutuhan jumlah karyawan yang optimum dengan jumlah SDM yang ada saat ini di jabatan/unit/perusahaan.

 

Outline :

  1. Tantangan organiasi di era hier competitive, produktivitas dan daya saing
  2. Pengertian, Tujuan dan Manfaat Analisa Beban Kerja (Workload Analysis)
  3. Jenis-jenis Beban Kerja (BK Jabatan, BK Individu, BK Unit Kerja, BK Perusahaan)
  4. Pendekatan & Metode dalam Analisis Beban Kerja
  5. Penyelidikan Waktu (Time Study)
  6. Jenis-Jenis Tugas (Pokok, Tambahan, Lain-lain, Rutin, Berkala, Insidentil)
  7. Tahapan/Langkah-langkah Pelaksanaan Tugas &Waktu Pelaksanaan Tugas
  8. Kelonggaran Waktu (Allowance)
  9. Alat Pengukuran yang digunakan
  10. Teknik Analisis Data yang digunakan
  11. Perhitungan Beban Kerja Jabatan, Individu, Unit Kerja, dan Perusahaan
  12. Perhitungan Kelebihan/Kekurangan Jumlah SDM
  13. Rekomendasi penyempurnaan job description (disain ulang tugas jabatan) dan SOP& Prcess Mapping
  14. Latihan Menghitung Beban Kerja dan Kebutuhan Jumlah SDM Optimum suatu dengan software excell
  15. Kaitan Analisa Beban Kerja & Man Power Planning (MPP)
Iklan

About Informasi Jadwal training dan seminar 2016-2017-2018

Pusat Informasi Jadwal training 2016 | Jadwal training 2017 | Jadwal training 2018 | Jadwal training 2019 | Jadwal training 2020

Posted on April 29,, in Human Resource Depelovment, jadwal training 2017, Managerial and soft skills, Training di Bali, Training di Bandung, Training di Jakarta, Training di Lombok, Training di Surabaya, Training di Yogyakarta and tagged , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Komentar ditutup.

%d blogger menyukai ini: